Thursday, August 16, 2007

MENDENGARKAN


Untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mendengarkan, lakukanlah yang berikut:

Ubahlah jadwal Anda. Apakah Anda melewatkan waktu untuk mendengarkan para pengikut Anda, pelanggan Anda, pesaing Anda, serta pembimbing Anda? Jika Anda belum menjadwalkan waktu untuk keempat kelompok itu secara teratur, mungkin Anda belum memberikan perhatian yang cukup kepada mereka. Tetapkanlah jadwal bagi masing-masing kelompok itu setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan.

Temuilah orang apa adanya. Kunci menjadi pendengar yang baik adalah menemukan kesamaan dengan mereka. Lain kali Anda berjumpa dengan seorang staff/pekerja atau pelanggan, disiplinkanlah diri Anda untuk menanyakan empat lima pertanyaan tentang dirinya sebagai individu. Belajarlah mengenalnya apa adanya, dan carilah kesamaan dengannya untuk membina hubungan lebih baik.

Dengarkanlah maksud yang tersembunyi. Sementara Anda berinteraksi dengan orang lain, jelas Anda ingin memperhatikan isi percakapan yang sesungguhnya. Namun janganlah abaikan muatan emosionalnya. Terkadang Anda akan lebih tahu apa yang sesungguhnya terjadi dengan mendengarkan maksud yang tersembunyi. Luangkanlah waktu di hari-hari atau minggu-minggu mendatang untuk mendengarkan dengan hati Anda.

John C Maxwell